Anda berada di :
Rumah > Featured > Siapkan 9 Teleskop dan 2.300 Kacamata Gerhana Matahari

Siapkan 9 Teleskop dan 2.300 Kacamata Gerhana Matahari

pengunjung_car_free_day_melihat_matahari_dengan_teleskop_edit
Para santri juga mengajak masyarakat menonton bareng (nobar) gerhana matahari di Pondok Pesantren Assalam di Solo. (Reza Kuncoro/Lip6.com)

Solo – Pondok pesantren (ponpes) Assalam melakukan sosialisasi gerhana matahari total (GMT) saat Car Free Day di Solo. Tujuan sosialisasi untuk mengenalkan pada masyarakat luas mengenai arti fenomena alam langka tersebut ‎serta tata cara pengamatannya.

Belasan santri Assalam dan pengurus Club Astronomi Santri Assalam (CASA) terlihat sibuk mengajak pengunjung CFD untuk menjajal melihat matahari dengan teleskop. Tak hanya itu, mereka juga meminjamkan kacamata solar filter untuk melihat matahari.

Dalam kesempatan itu, para santri juga mengajak masyarakat menonton bareng (nobar) gerhana matahari di Pondok Pesantren Assalam. Para santri menjelaskan jika pondok pesantren ini akan menyediakan 2.300 kacamata solar filter dan 9 teleskop.

Para pengunjung, baik anak-anak maupun dewasa terlihat tertarik dengan alat untuk mengamati matahari itu. Mereka hilir mudik ingin melihat salah satu elemen tata surya yakni matahari dengan menggunakan teleskop atau kacamata.

Penanggungjawab CASA, Sugeng AR menjelaskan, acara ini bertujuan untuk mengingatkan pada Rabu 9 Maret akan terjadi fenomena alam langka gerhana matahari total. “ kegiatan ini sebagai pengingat untuk masyarakat sekitar jika hari rabu 9 maret besok aka ada peristiwa gerhana matahari total, ini akan terjadi pagi hari, di mana matahari akan tertutupi bulan secara penuh” ujarnya. (Liputan6.com/cp)

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Top