Anda berada di :
Rumah > Featured > Restorasi Candi Borobudur Butuh Semen Khusus.

Restorasi Candi Borobudur Butuh Semen Khusus.

jagong3
foto : Sigit Wahono Kabiro Humas, Tri Edi Santoso Bagian Spesialis Produks PTSI, Maersis Sotopo Ka.Balai Besar Konservasi Candi Borobudur

Yogjakarta – Restorasi Candi Borobudur ternyata tidak bisa menggunakan semen yang ada di pasaran. Hal itu terungkap dalam seresehan Jagong Gayeng di Hotel Grand Zuri Yogjakarta, Jumat (18/3/2016) yang diadakan oleh Semen Indonesia.
Kepala Balai Besar Konservasi Borobudur Marsis Sutopo menjelaskan bahwa Candi Borobudur telah beberapa kali dilakukan Restorasi “ Candi Borobudur terakhir pada tahun 1983, terdapat 2 juta potong batu yang tersusun sehingga terbentuk 10 lantai dengan 72 stupa dan satu stupa induk. Terdapat 1460 relief panil cerita”. Jelas Marsis.
Ternyata Candi Borobudur awalnya adalah sebuah bukit, hal itu diketahui setelah dilakukan pembongkaran satu persatu susunan candi tersebut . karena di bangun dengan landasan tanah biasa maka dikawatirkan candi mengalami ambles karena dampak air hujan.

mura
Maka untuk membuat kondisi tanah dibawah candi tidak terlalu basah maka balai besar konservasi membuat saluran air khusus sehingga air bisa mengalir keluar. Dengan begitu kondisi tanah tetap kering dan tidak menyebabkan kondisi tanah menjadi lembek.
Marsis juga mengungkapkan jika untuk perbaikan Candi Borobudur saat ini tim restorasi menghindari penggunaan Semen. Karena menghindari adanya zat kapur yang dapat merusak batu – batu yang ada.
“ perbaikan saat ini kami menghindari penggunaan Semen, butuh perekat khusus tidak sembarang semen dan kami masih belum mempunyai perekat tersebut. Harapan kami Semen Gresik bisa membuat produk yang kami butuhkan” ujar Marsis.
Sementara Sigit Wahono Kabiro Komunikasi Semen Gresik disinggung mengenai hal itu mengatakan dalam rangka pelestarian warisan budaya, akan berusaha menciptakan produksi yang sesuai .
“ Demi menjaga dan melestarikan warisan budaya semoga Semen Gresik bisa menciptakan produks yang dibutuhkan untuk perbaikan Candi Borobudur, karena Semen Gresik selalu melakukan inovasi produk. Dan kami akan berusaha dengan bagian produksi untuk menciptakan produk yang diinginkan dalam pelaksanaannya” ujar sigit didampingi oleh Tri Edi Santoso Bagian Senior Spesialis Produks PT. Semen Indonesia.
Dari Pantauan dilokasi Candi Borobudur memang terdapat satu sisi yang mengalami penurunan. Sehingga hal ini akan menjadi perhatian khusus agar warisan budaya yang pernah menjadi salah satu keajaiban dunia ini bisa terselamatkan. (shol)

foto : Petugas balai konservasi saat menjelaskan tentang kondisi Candi Borobudur

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top