Anda berada di :
Rumah > Featured > “Golok Day” Kesenian Yang Perlu Dilestarian

“Golok Day” Kesenian Yang Perlu Dilestarian

golokday1 golokday2

CILEGON- Kegiatan GOLOK DAY yang dilaksanakan  30 April 2016 di  depan kantor Walikota Cilegon, merupakan gagasan mantan Walikota Cilegon H. Tb. Aat Syafaat serta jajaran Sekjen IPSI Banten, dengan tujuan memasyarakatkan Golok khas Banten dan ajang Sillahturrahmi ikatan pencak silat pada masyarakat.

Pada awalnya event Golok Day yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015. menurut Kasepuhan Ciomas, Pembina IPSI cabang Cilegon dan sekjen IPSI Pusat . Golok Day awalnya hanya diperuntukkan bagi para perguruan pencak silat saja, akan tetapi melihat antusias masyarakat umum begitu besar maka Event Golok Day akan diadakan setiap tahun dengan berbagai isi acara didalamnya.

Sehingga kegiatannya semakin diminati masyarakat, dan yang hadir pada kegiatan golok day kali ini sekitar 800 hingga 1500 orang yang membawa golok yang jumlah tersebut diikut sertakan dalam MURI Rekor Golok Terbanyak.

Selain itu Disbudpar kota Cilegon juga menghadirkan para instruktur Pencak Silat untuk memberikan contoh-contoh gerakan silat menggunakan golok yang baik, untuk menunjang penggunaan golok dalam pencak silat di masyarakat.

Pembina IPSI Banten H. Aat Safaat menuturkan bahwa melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Cilegon akan bekerjasama dalam melestarikan dengan menyisipkan pada event –  event yang ada.

“Untuk mempertahankan kegiatan Golok Day, Pemerintah Kota Cilegon dalam hal ini Disbudpar kota Cilegon serta pihak terkait seperti IPSI pusat akan menyelenggarakan Golok Day disetiap Event besar,” kata Aat Safaat mantan Walikota Cilegon.

Selama kegiatan Golok Day di depan kantor Walikota Cilegon, jalan Protokol Cilegon mulai simpang Tiga atau tepatnya tugu Kota Cilegon ditutup kurang lebih 5 jam, mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB, lalu lintas dialihkan ke jalan raya Anyer dan jalan Ketileng. Sedangkan sebagian tetap digunakan, tanpa mengganggu kegiatan Golok Day.

Kegiatan Golok Day yang dilakukan meliputi  atraksi Debus, Gembrung, seni bela diri Kasepuhan Ciomas berharap masyarakat kota Cilegon ikut meramaikan kegiatan Golok day kali ini saja akan tetapi kegiatan selanjutnya, karena manfaatnya tidak hanya pada kegiatan IPSI pusat atau Cabang tetapi terjalin hubungan silaturahim antar masyarakat di kota Cilegon. (fer)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top