Anda berada di :
Rumah > Featured > Disperla Cilegon Berikan Bantuan Alat Pasca Panen untuk Kelompok Tani

Disperla Cilegon Berikan Bantuan Alat Pasca Panen untuk Kelompok Tani

Disperla Cilegon Berikan Bantuan Alat Pasca Panen untuk Kelompok Tani

CILEGON – Dinas Pertanian dan Kelautan (Disperla) Kota Cilegon melalui Bidang Pertanian memberikan bantuan alat kepada para beberapa kelompok tani di Kota Cilegon, yang diserahkan langsung di halaman kantor UPTD Pertanian, di Lingkungan Semendaran, Kelurahan Panggungrawi, Kecamatan Jombang, Kamis kemarin 15 September 2016.

Kasi Bina Usaha pada Bidang Pertanian Disperla Kota Cilegon, Endang Hanafi, menjelaskan, bantuan sarana pasca panen ini berasal dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan Kementerian Pertanian melalui dana APBN tahun anggaran 2016.

Disperla Cilegon Berikan Bantuan Alat Pasca Panen untuk Kelompok Tani

Peralatan yang diberikan kepada kelompok tani adalah berupa alat pasca panen seperti Power Trisure sebanyak 4 unit, Power Trisure Padi sebanyak 6 unit, Cambain (Alat Pemotong Pasca Panen) sebanyak 8 unit, dan Cambain Sedang 1 unit.

“Bantuan yang kita berikan adalah berupa alat yang biasa digunakan oleh para petani pasca panen,” ujarnya.

Dari total 131 kelompok tani yang ada di Kota Cilegon, Endang mengatakan pada tahun ini yang mendapatkan bantuan cambain sebanyak 9 kelompok, power trisure traktor pasca panen sebanyak 10 kelompok.

“Memang tidak semua kelompok tani yang kita berikan bantuan alat, karena dari pengajuan saat ini hanya beberapa unit saja yang kita terima,” katanya.

Sementara itu, M. Hatta salah seorang dari kelompok tani dari Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, mengaku sangat senang mendapatkan bantuan berupa alat pasca panen tersebut.

Pria yang berprofesi sebagai petani gabah ini mengaku, jika panen tiba, untuk memisahkan gabah dengan batang hanya menggunakan alat perontok yang masih semi manual, bahkan terkadang juga menggunakan tangan.

Namun dengan adanya bantuan alat ini, selain bisa menghemat waktu dan tenaga, dirinya mengatakan bisa mengurangi kerugian akibat lamanya proses pemisahan padi.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan alat ini. Dengan adanya alat ini, kita dapat mempersingkat waktu kerja yang biasanya cukup lama jika dilakukan secara manual,” katanya.

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !
Administrator
Web Development www.cahayapena.co.id

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Top