Anda berada di :
Rumah > Entertainment > Angkat Pariwisata, Banyak Situs di Dalam Goa Yang Belum Terungkap

Angkat Pariwisata, Banyak Situs di Dalam Goa Yang Belum Terungkap

pawai-budaya-melirang

 

Gresik – Semangat untuk mengangkat budaya dan pariwisata ditunjukkan oleh warga Desa Melirang Kecamatan Bungah kabupaten Gresik dalam kegiatan Pesta Rakyat Pawai Budaya dengan tema Menuju Melirang Desa Wisata d Cintai Kearifan Lokal, Minggu (25/09/2016)

Dengan diikuti oleh 34 kontingen dari 8 dusun yang terdiri dari 27 Rukun Tetangga (RT) membuat kegiatan pawai budaya ini berlangsung semarak dan meriah. Tidak ketinggalan beberapa lembaga pendidikan yang berada di desa Melirang turut serta berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kepala Desa Melirang, Muafaq menjelaskan bahwa kedepan ingin mengangkat budaya local dan beberapa tempat pariwisata yang ada di Desa Melirang.

“kami ingin mengangkat dan melestarikan budaya local serta menjadikan desa melirang ini sebagai desa tujuan Wisata, karena disini terdapat beberapa Goa, yakni Gua Busana, Goa Asu dan Goa Lowo juga ada  tempat wisata air untuk pemancingan dan beberapa situs yang sampai kini masih belum diketahui namanya” ujarnya

Muafag menjelaskan lebih jauh jika di dalam Goa Busana itu terdapat ruang – ruang tempat bertapa, dan didalamnya terdapat makam dan Goa ini juga sering dipakai oleh orang – orang yang Laku (ritual). Goa Asu, ini juga konon asal muasal dari cerita Sangkuriang, dimana digua itulah konon bapaknya sangkuriang yang menjelma menjadi Asu (anjing) setelah diambil hatinya, lalu dibuang di goa tersebut.

Ada juga goa Lowo (kelelawar) ini salah satu goa yang dihuni oleh ribuan kelelawar yang menghasilkan kotoran yang berfungsi sebagai pupuk dan dimanfaatkan warga setempat untuk memupuk tanaman.

pawai-budaya-melirang2

Muafag juga berharap ada dari peneliti sejarah atau arkeolog yang berkenan untuk menelitih lebih jauh tentang keberadaan situs di dalam goa. Karena diyakini dari cerita kakek nenek moyang konon masih ada hubungan dengan kerajaan Majapahit.

“saya juga berharap ada arkeolog yang mau meneliti situs – situs yang ada di dalam gua. Siapa tahu ada kaitannya dengan sejarah pada jaman kerajaan Majapahit, yang akan terungkap di dalam goa  – goa tersebut” pungkasnya. (shol)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top