Anda berada di :
Rumah > Entertainment > ALIN : PINHOLE DAN TRAVEL FOTOGRAFI

ALIN : PINHOLE DAN TRAVEL FOTOGRAFI

Dilihat 1605

Surabaya- cahayapena.co.id – Menampilkan 15 karya fotografi yang dibuat tahun 2021 hingga 2024, dengan rincian 7 karya Pinhole (tahun 2023 dan 2024), 8 karya Travel Photo yang diambil dengan kamera ponsel dan digital (tahun 2021-2024).

14 karya foto dicetak pada kertas foto ukuran 90×60 Cm berpigura mininalis dan 1 karya foto dicetak pada kanvas sintetis ukuran 90×60 Cm tanpa pigura (frameless).

Catatan penting dalam pameran ini adalah hadirnya 7 karya fotografi kamera lubang jarum (pinhole) dalam sebuah pameran tunggal fotografi, karena ini menjadi pameran tunggal karya pinhole usia anak yang pertama di dunia, bukan cuma di Indonesia, sekalipun dalam pameran ini karya yang dipajang tidak seluruhnya karya pinhole.

Bahkan dalam catatan arsip Indonesian Pinhole, Sampai hari ini memang Indonesia belum pernah ada fotografer yang menggelar pameran fotografi pinhole secara tunggal khusus untuk karya-karya foto pinhole.

Pameran yang digelar di Galeri Merah Putih kompleks Balai Pemuda Surabaya, Jalan Gubernur Suryo No. 15 ini berlangsung mulai Ahad 19 Mei hingga Jumat 24 Mei 2024, galeri buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam, terbuka untuk umum (free HTM).

Salah satu karya foto pinhole dalam pameran tunggal Alin ini, “Excalator” (2024) termasuk karya yang unik, tekniknya tidak biasa. Alin memotrenya akhir April 2024 di Basement Balai Pemuda Surabaya. Kamera Lubang Jarum yang terbuat dari kayu tripleks kreasi Akbar tahun 2022 dengan media rekam roll film (negative film) Fuji color ISO 200 ditaruh di lantai ekskalator yang sedang berjalan naik, dibiarkan eksposure 20 detik dalam pencahayaan ruangan semi out door matahari cerah siang hari. Hasil akhirnya seperti sebuah panggung konser dengan lighting laser.

Pameran ini merupakan rangkaian dari peringatan World Wide Pinhole Photography Day 2024 yang digelar di Galeri Merah Putih kompleks Balai Pemuda Alun-alun Surabaya tanggal 27 April hingga 2 Mei 2024 lalu, yang salah satu rangkaian acaranya masih berlangsung di ARTS.ID Jalan Lombok No. 10 Surabaya, yakni pameran 12 karya para maestro dan aktivis fotografi kamera lubang jarum (pinhole) Indonesia, 28 April hingga 27 Juni 2024.

Pameran tunggal fotografi karya-karya Alin ini juga untuk merayakan Bulan Menggambar Nasional 2024, karena secara epistemologi fotografi adalah menggambar dengan cahaya.

Dan pameran ini sekaligus menandai perayaan 20 tahun Sanggar DAUN (2004-2024), sanggar tempat Alin belajar fotografi dan berkreasi seni rupa.

Sejak tahun 2021, setidaknya Alin telah 12 kali berpameran fotografi dan karya seni rupa yang berkaitan dengan karya foto, di dalam dan luar negeri. Salah satunya adalah pameran NJ PINHOLE CLUB “WORLDWIDE PINHOLE PHOTOGRAHPY DAY 2023” di Philadelphia, USA, April 2023.

Untuk seorang fotografer terlebih fotografer muda usia 16 tahun, tentu saja hal ini menjadi catatan yang luar biasa dan dunia fotografi lubang jarum (pinhole) Indonesia patut menyambutnya dengan bahagia karena telah hadir bibit baru potensial fotografer nasional.

Event internasional Pinhole Festival bulan November 2024 yang kegiatannya akan dipusatkan di Surabaya tentu menjadi moment Pinhole Fest 2024 yang patut ditunggu, karena selain akan berlangsung pameran karya fotografi kamera lubang jarum (pinhole) oleh para kreator pinhole dari seluruh dunia yang akan dilakukan proses seleksi secara open call, juga ada pameran arsip Indonesian Pinhole dan pameran tunggal beberapa maestro Pinhole Indonesia. (GIL)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top