Anda berada di :
Rumah > Ekonomi > Wisata Snoorkling Bawean Terancam Hilang

Wisata Snoorkling Bawean Terancam Hilang

snorkling bawean
salah satu spot snorkling favorit wisatawan bawean (foto int)

Bawean – Pecinta lingkungan dikejutkan dengan rusaknya terumbu karang yang selama ini menjadi andalan wisata snoorkling. Kerusakan ini diduga akibat ulah para nelayan Bawean Gresik yang menggunakan peralatan tangkap ikan tidak ramah lingkungan.

Dirman Fauzi, warga Desa Daun, Kecamatan Sangkapura berang dengan ulah para nelayan yang berani merusak terumbu karang. “Kami tidak mempermasalahkan kegiatan mereka mencari ikan, tetapi tidak seperti ini, bukannya menjaga malah merusak,” kecam dia.

Ditambahkan, rusaknya terumbu karang ini membuat Pulau Bawean terancam kehilangan wisata snoorkling. Padahal, wisata ini sebelumnya menjadi andalan Bawean untuk menarik wisatawan luar. “ujarnya.

“Jelas, membawa kekecewaan kepada pengunjung setelah mengetahui kerusakan terumbu karang yang sangat luas,” paparnya.

Menanggapi hal ini, Camat Sangkapura Abdul Adim mengatakan pihaknya sudah meminta kepada aparat berwajib untuk menangkap para perusak terumbu karang. Selain itu, pihaknya mempersilahkan untuk diberi hukuman seberatberatnya. “Tidak ada ampun kepada siapapun yang merusak lingkungan, apalagi yang rusak adalah spot untuk pengembangan wisata di Pulau Bawean,” tegasnya.

Terpisah, Kepala UPT Dinas Kelautan dan Perikanan Bawean Zaini membenarkan adanya kerusakan terumbu karang. Kondisi ini disebabkan nelayan setempat menggunakan alat yang tidak ramah lingkungan. “Setelah dilakukan peninjauan ke lokasi, memang benar spot untuk snoorkling mengalami kerusakan total,” jelasnya. (bwn.net/cp)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top