Anda berada di :
Rumah > Ekonomi > PLN Upayakan Naik Daya Gratis Saat Pelanggan Listrik 1.300-3.300 VA Dihapus

PLN Upayakan Naik Daya Gratis Saat Pelanggan Listrik 1.300-3.300 VA Dihapus

Jakarta – Pemerintah berencana menyederhanakan kelas golongan pelanggan listrik rumah tangga non-subsidi. Penyederhanaan ini berlaku kepada pelanggan dengan golongan 900 VA tanpa subsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, dan 3.300 VA. Semua golongan tersebut akan dinaikkan dan ditambah dayanya menjadi 4.400 VA.

Golongan 450 VA dengan pelanggan sebanyak 23 juta rumah tangga dan golongan 900 VA dengan pelanggan 6,5 juta rumah tangga yang disubsidi oleh pemerintah, tidak mengalami perubahan. Sementara golongan 4.400 VA hingga 12.600 VA dinaikkan dan ditambahkan dayanya menjadi 13.000 VA, dan golongan 13.000 VA ke atas dayanya akan di-loss stroom.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan nantinya penambahan daya listrik dalam upaya penyederhanaan golongan pelanggan listrik tidak dikenakan biaya tambahan bagi pelanggan. Tarif listrik pun dijamin tidak akan mengalami kenaikan meskipun daya listriknya ditambah.

“Tidak ada kenaikan tarif dan kita upayanya nantikan ada rencana positif bagi kepentingan masyarakat yang ingin tambah daya mereka ingin tidak membayar,” ujar Sofyan di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017).

Pihaknya kini tengah menghitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya listrik pelanggan non subsidi. Rencana ini juga masih dibicarakan PLN dengan Kementerian ESDM.

“Kami lagi berhitung, permisi dulu sama Pak Jonan. Nanti ketentuannya ada, mudah-mudahan bisa dilaksanakan,” tutur Sofyan.

Sofyan juga menjamin kapasitas listrik PLN cukup untuk melayani sambungan listrik pelanggan jika sudah ditingkatkan dayanya. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terjadi pemadaman atau byar pet saat memanfaatkan listrik.

“Banyak permintaan dari masyarakat,” kata Sofyan. (dtk)

 

 

 

Sumber : detik.com

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top