Anda berada di :
Rumah > Ekonomi > Mainan HP Saat Sidang Digelar, Hakim Matheus Samiaji Bisa Kena Kode Etik

Mainan HP Saat Sidang Digelar, Hakim Matheus Samiaji Bisa Kena Kode Etik

hakim dulunan hp
Foto: Tampak Hakim PN Surabaya, Matheus Samiaji asik dengan HP mahalnya ditengah sidang pembacaan putusan digelar. (eno)

Surabaya – Paska menuai kritik dari praktisi hukum, kini Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia angkat bicara terkait ulah Matheus Samiaji, oknum hakim yang tertangkap kamera sedang asik mainkan device (handphone, red) mahalnya di tengah sidang sedang digelar.
Farid Wajdi, Juru Bicara KY RI, dengan tegas menyatakan bahwa apa yang dilakukan hakim Matheus tersebut merupakan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim berdasarkan angka 7 butir 1 (7.1) dan angka 8 KEPPH.
Poin-poin itu memuat tentang kewajiban hakim mejaga kewibawaan dan martabat lembaga Peradilan serta tentang kedisplinan profesi hakim. Tak hanya itu, Matheus juga bakal dihadapkan dengan dua pelanggaran pasal 12 dan pasal 14 Peraturan Bersama (PERBA) KY-MA tentang Panduan Penegakan KEPPH. Meskipun begitu, Farid Wajdi meminta masyarakat tidak reaktif menanggapi pemberitaan tersebut.
“Izinkan kami bekerja dan menelaah lebih jauh pemberitaan tersebut untuk menindaklanjuti pada tahap selanjutnya. Informasi masyarakat menjadi salah satu masukan bagi kami, dan sekali lagi jika validitas berita tersebut tinggi, maka kami pastikan akan memprosesnya,” ujarnya melalui pesan singkat yang dikirimkan ke wartawan.
Seperti yang diberitakan sebelumnya, hakim Matheus yang bertugas memeriksa perkara penggelapan Pajak Penghasilan (PPh) Pajak Pertambahan Nilai (PPn) dalam pengadaan barang dan jasa di KPU Jatim, tertangkap kamera saat dengan santainya memainkan seluler mahalnya, ditengah sidang sedang digelar. Sidang di ruang Tirta 2 PN Surabaya ini, digelar dengan agenda pembacaan putusan sela, (2/3).
Ulah yang terkesan meremehkan persidangan itu dilakukan Matheus, ketika Isjunaedi, ketua majelis hakim yang memeriksa perkara ini sedang membacakan amar putusan sela terkait perkara penilepan uang negara ini. (sm.com/cp)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Top