Anda berada di :
Rumah > Bisnis > Tiga Industri Mulai Penyesuaian Bertransaksi Dengan Rupiah

Tiga Industri Mulai Penyesuaian Bertransaksi Dengan Rupiah

Jakarta – Tiga sektor industri dinilai mulai melakukan penyesuaian transaksi dari mata uang dollar AS menjadi rupiah, yakni industri kimia, tekstil dan logam, kata Menteri Perindustrian Saleh Husin di Jakarta.

“Ketiga sektor tersebut cepat melakukan penyesuaian transaksi dengan aturan BI. Kami dari Kemenperin telah mengirimkan surat kepada pimpinan asosiasi industri pada bulan Desember 2015 dan Januari 2016,” ujar Saleh di Jakarta, Rabu.

Namun demikian, lanjut Saleh, masih ada perusahaan yang mengajukan penangguhan penggunaan rupiah karena terkait kesiapan sistem pembukuan yang memerlukan updating dari sistem sebelumnya yang menggunakan dollar.

Menperin mengatakan penggunaan uang rupiah dalam transaksi bisnis dapat menstabilkan nilai tukar mata uang Indonesia itu.

“Pelaku usaha kan mengharap nilai tukar yang stabil karena mereka dapat memperhitungkan, kalkulasi, strategi finansial usaha mereka. Nah kestabilan ini turut membantu keputusan ekspansi dan investasi ke Indonesia,” paparnya.

Terdapat beberapa industri yang memerlukan waktu untuk penyesuaian transaksi dalam mata urang rupiah seperti industri makanan minuman yang bahan bakunya masih impor, serta industri otomotif. Sedangkan untuk industri-industri yang berada di kawasan berikat, lanjut Saleh, diharapkan dapat diberi kekhususan karena pola bisnis maklon yaitu proses produksi suatu barang pesanan, misalnya dari pemilik merek di luar negeri, yang proses pengerjaannya dilakukan oleh industri di Indonesia.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo memberikan apresiasi kepada Menteri Saleh atas kerjasama yang baik untuk mewujudkan kedaulatan rupiah di wilayah NKRI dan mendukung tercapainya kestabilan nilai tukar rupiah. “Kami berterima kasih kepada Menperin beserta jajaranya dalam berkomitmen mendorong agar industri dari hulu hingga ke hilir dapat meningkatkan penggunaan rupiah dalam transaksinya,” ujar Agus.

menperin saleh husien
Menteri Perindustrian Saleh Husien SE, M.Si

Menurutnya, apabila dalam supply chain masih ada sektor yang masih menggunakan valas, maka hal itu akan dibicarakan lebih lanjut dengan BI.(ant/cp)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Top