Anda berada di :
Rumah > Bisnis > Semen Indonesia Akuisisi Saham Holcim Indonesia

Semen Indonesia Akuisisi Saham Holcim Indonesia

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (“Semen Indonesia”) dengan bangga mengumumkan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Bersyarat untuk memperoleh 6.179.612.820 saham PT Holcim Indonesia (“Holcim Indonesia”) mewakili 80,6% dari berbagi modal dari LafargeHolcim Ltd (“LafargeHolcim”), sekitar USD 917 juta, tergantung pada kondisi penutupan tertentu. Akuisisi yang diusulkan akan dilakukan oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (“SIIB”), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Semen Indonesia.

Ini akan secara signifikan memperkuat jejak domestik Semen Indonesia melalui akuisisi perusahaan semen terbesar ketiga di Indonesia, dengan 4 pabrik semen dengan kapasitas 14,8 mt pa kapasitas dan 30 tanaman siap pakai.

Semen Indonesia akan memperluas portofolionya untuk pabrik semen di seluruh wilayah utama di negara ini, mendiversifikasi penawaran produknya, mendapatkan manfaat dari berkurangnya distribusi dan biaya bahan baku dan mendapatkan bisnis beton siap pakai yang terkemuka dengan produk dan solusi inovatif yang akan menambah nilai bagi para pemangku kepentingan kami.

Holcim Indonesia juga telah menerapkan teknologi limbah-bahan bakar yang dapat disinergikan di fasilitas Grup Semen Indonesia dan membawa lebih banyak penghematan biaya.
Pasar semen Indonesia memiliki prospek pertumbuhan yang menjanjikan didukung oleh program Pemerintah yang berkelanjutan dan investasi sektor swasta seperti “program satu juta rumah” dan jalur pipa proyek infrastruktur dari rencana belanja infrastruktur Pemerintah serta properti dari sektor swasta dan ritel.

Akuisisi ini akan memberikan Semen Indonesia kapasitas yang jauh lebih besar dan portofolio produk yang lebih luas dan jejak geografis untuk sepenuhnya memanfaatkan peluang pertumbuhan yang luar biasa di pasar rumah kami. Transaksi ini juga akan memperkuat ketahanan industri semen BUMN di Indonesia. Saat ini, ada 15 perusahaan semen di Indonesia dengan total kapasitas terpasang jika 107 mt p.a, di mana 63% pangsa kapasitas dimiliki oleh pemain swasta dan asing.

Presiden Direktur Semen Indonesia, Hendi Prio Santoso, menyampaikan tujuan strategis akuisisi. “Kami sangat senang mengumumkan akuisisi transformasional ini untuk Semen Indonesia Group yang mengamankan posisi kami sebagai pemimpin pasar di Indonesia. Dalam lingkungan persaingan industri semen nasional, kombinasi antara Semen Indonesia dan Holcim akan semakin kuat dan semakin besar. ”

“Akuisisi ini akan memperkuat jaringan penjualan dan produksi, menawarkan rentang produk yang lebih luas kepada pelanggannya, dan banyak lagi peluang bagi karyawan, mitra, pemasok, dan pemangku kepentingan lainnya. Serta Semen Indonesia Group menjadi perusahaan semen terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas semen 53 mt p.a, transaksi ini akan menjadi manifestasi kontribusi BUMN untuk memperkuat industri semen nasional yang akan mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia, ”kata Hendi.

Setelah selesainya akuisisi, Semen Indonesia akan mengajukan dengan OJK penawaran tender wajib untuk sisa 1.483.287.180 saham yang dimiliki oleh pemegang saham publik, mewakili 19,4% dari saham Holcim Indonesia, sesuai dengan Peraturan OJK POJK 9/2018. (Shol/rls)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top