Anda berada di :
Rumah > Bisnis > Pemprov Banten Tidak Serius Tangani Penambang Pasir Laut Liar

Pemprov Banten Tidak Serius Tangani Penambang Pasir Laut Liar

kapal-pasir-ok
foto ilustrasi

Serang  – Pemerintah Provinsi Banten terkesan tidak serius dalam menangani persoalan pertambangan pasir laut di Banten.Akibatnya, pengusaha pertambangan terkesan menganggap remeh berbagai aturan penambangan, termasuk perizinannya.

Kholid Miqdar selaku penasehat Front Kebangkitan Petani dan Nelayan (FKPN BANTEN) mengatakan, pihaknya mengancam akan membakar kapal pengeruk pasir yang digunakan oleh pengusaha penambangan yaitu kapal quin of netherland dan vox maxima jika masalah perizinan ini tetap dilakukan.

“jika ini makin di biarkan kami akan mengumpulkan massa lebih banyak lagi untuk membakar Kapal Queen Netherland dan Vox Maxima”katanya, Senin, (25/04/16).

Holid mengaku, pihaknya menantikan kepastian Gubernur Banten pada hari rabu tanggal 27 april 2016, untuk turut mengambil kebijakan bersama. “Rencana kami bersama masyarakat Banten dan Betawi akan melakukan dialog publik terbuka bersama JJ Rizal (sejarawan betawi), Marcus Kusumawijaya (ahli tata kota), Budayawan, Nelayan dan LBH Jakarta,” ungkapnya.

Senada dikatakan Tubagus Saptani selaku Budayawan Banten. Jika kebijakan ini berlarut secara prosedural tata kelola pemerintahan yang hanya cuma omong doang untuk sekedar mengambil kebijakan populis di momentum politis akan menambah kegagalan permanen Rano Karno sebagai Gubernur di Banten.

“Kami menilai Gubernur Banten tidak punya nyali menghadapi para komprador asing yang mengambil pasir laut secara ilegal di pulau tunda. Ini berarti memancing Budaya Perlawanan di kalangan grass root yang hari ini merasa di cederai hak hukumnya sebagai masyarakat untuk di lindungi,” katanya.

Menurut Tubagus Saptani, ada kesepakatan kolektif untuk berkonspirasi antara pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Serang dan pengusaha dalam kasus penambangan liar.

“Kami menduga adanya konspirasi antara pemerintah Provinsi Banten, Pemkab Serang dengan pengusaha dalam penambangan pasir di laut Banten” katanya. (wb.com/cp)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top