Anda berada di :
Rumah > Bisnis > Mengkaji Pentingnya Lokasi UKM dan Lingkungan Sekitarnya

Mengkaji Pentingnya Lokasi UKM dan Lingkungan Sekitarnya

 

Oleh: Teguh W. Utomo

Saat menentukan rencana bisnis, tempatkan lokasi dan lingkungan berada di bagian pertama. Itu karena lokasi sangat memengaruhi kesuksesan perusahaan Anda. Lokasi dan lingkungan akan sangat menentukan konsumen yang mendatangi Anda, industri yang Anda ikuti, dan pesaing yang mengincar Anda.

Ketika sudah jelas tentang lingkup geografis area pasar Anda, Anda dapat mengevaluasi komposisi penduduk, kondisi ekonomi, dan bisnis yang bersaing. Jika melayani beberapa area pasar, Anda perlu menilai masalah yang sama di setiap area untuk mendapatkan analisis tepat untuk merencanakan bisnis.

Misalnya, jika bisnis Anda bergantung pada lalu lintas pejalan kaki dan keputusan pembelian spontan, maka lokasi penempatan toko atau kantor dapat memberi perbedaan berarti antara keberhasilan dan kegagalan untuk menarik visibilitas dan aktivitas memadai. Persimpanan jalan bisa menjadi lokasi sangat strategis.

Jadi, pastikan Anda memberi waktu bagi perencanaan bisnis yang serius dengan mempertimbangkan pro dan kontra dari lokasi yang Anda miliki. Pada saat yang sama, lakukan pula upaya serupa untuk mengevaluasi lingkungan bisnis di area pasar Anda.

Di era milenial sekarang, Internet memberi makna baru pada lokasi. Dulu, orang memperhitungkan lokasi betul-betul dari posisi geografis suatu bisnis. Sekarang, posisi geografis tidak lagi sangat penting karena ada jagad maya.

Bahkan, perusahaan kecil dan aneh pun kini bisa memiliki situs web. Semakin banyak perusahaan melakukan bisnis sepenuhnya di Internet. Tidak hanya untuk etalase produk, internet bahkan sudah menjadi mesin pemasaran dan alat transaksi.

Bagi sebagian besar e-bisnis, bisa mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka adalah kunci keberhasilan. Dibanding dengan bisnis konvensional, mengarahkan lalu lintas ke situs web itu tidak terlalu berbeda dengan toko meracangan yang mencari cara untuk membuat orang masuk ke pintu depannya.

Dari sisi SDM, lokasi juga penting. Misalkan Anda memulai bisnis kecil perangkat lunak yang akan bergantung pada teknisi yang sangat terlatih. Maka, Anda harus mencari lokasi bisnis di tempat orang-orang semacam ini biasa hidup –atau setidaknya bersedia untuk pindah.

Kalau di Amerika Serikat, misalnya, tempat berkumpulnya para jagoan perangkat lunak itu di Seattle atau San Jose. Di Indonesia, tingkat ketersediaan SDM semacam itu tidak sebanyak di Seattle atau San Jose. Tapi, ada sejumlah perguruan tinggi yang mengasah mahasiswa trampil perangkat lunak. Begitu juga berbagai tempat kursus yang membina calon jagoan perangkat lunak.

Nah, saat mengkaji lokasi dan lingkungan untuk rencana bisnis, jelaskan arena industrynya termasuk tren yang Anda lihat. Perhatikan apakah pasar sedang tumbuh atau surut di lokasi itu; apa yang diperlukan untuk memasuki arena bisnis; dan cermati perubahan teknologi, peraturan, atau lainnya.

Jelaskan pula target pelanggan Anda dengan menyatakan di mana mereka tinggal atau berada; usia mereka, jenis kelamin, pendapatan, status perkawinan, dan sebagainya. Jelaskan pula apa pun yang Anda ketahui tentang mengapa dan bagaimana mereka bakal membeli atau memakai produk seperti bisnis Anda.

Kemudian, jelaskan lingkungan kompetitif Anda. Silakan mengkaji kekuatan, kemampuan, dan rencana pertumbuhan bisnis pesaing utama Anda dan bagaimana Anda berencana untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis para pesaing.

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top