Anda berada di :
Rumah > Bisnis > Lima Cara Mudah Mulai Investasi Emas

Lima Cara Mudah Mulai Investasi Emas

Kenali jenis investasi agar Anda tidak sampai salah beli.126877_emas-batangan-desain-jean-paul-gaultier_663_382

Berniat investasi? Sudah mengerti apa saja keuntungan berinvestasi? Hanya Anda yang bisa menjawabnya. Tapi, salah satu jenis investasi yang sering dipilih oleh investor, yaitu investasi emas.
Meski sudah mengetahui keuntungan yang akan didapat, masih banyak yang bingung seberapa besar manfaat dari berinvestasi emas. Investasi emas memang dianggap sebagai salah satu produk investasi yang aman.
Anda tidak perlu banyak memperhitungkan banyak aspek atau faktor sebelum membelinya. Cukup beli dan tempatkan pada lokasi yang aman, maka urusan investasi sudah selesai. Tinggal menunggu saja, kelak harganya akan naik dengan sendirinya.

Kebanyakan orang berpikir seperti demikian. Bagi orang awam yang baru mengenal dunia investasi, maka emas lah jawaban yang pas. Anda yang baru pertama kali masuk ke dunia investasi, ada baiknya mencoba berinvestasi menggunakan emas.

Namun, sebelum Anda memasukkan dana untuk menebus emas, ada baiknya Anda mengenal karakter emas sebagai media investasi.

Salah satunya, emas adalah produk investasi jangka menengah. Artinya, Anda baru bisa menikmati keuntungan berinvestasi dalam jangka waktu empat hingga tujuh tahun setelah membeli. Apabila Anda memaksakan diri ‘memanen’ investasi kurang dari waktu itu, maka keuntungan yang didapatkan tidak begitu maksimal.

Itu hanyalah salah satu hal saja mengenai investasi emas. Masih ada banyak hal perlu Anda ketahui ketika berniat berinvestasi emas. Sama halnya ketika Anda berniat untuk berdagang, berinvestasi emas memiliki tujuan mencari untung.

Untuk membantu agar anda tidak terus-menerus bingung, lebih baik Anda baca terlebih dulu tips berinvestasi emas yang menguntungkan di bawah ini:

Tentukan tujuan

Ada baiknya sebelum anda berinvestasi emas, tentukan terlebih dahulu tujuan Anda berinvestasi. Apakah untuk tujuan dana darurat, dana pensiun, modal usaha, dana pendidikan, liburan, dan sebagainya. Selanjutnya, tentukan jangka waktu. Apakah untuk jangka waktu pendek (satu hingga tiga tahun), jangka menengah (empat hingga tujuh tahun), atau jangka panjang (lebih dari tujuh tahun).

Tentukan strategi

Setelah menentukan tujuan, mulai hitung seberapa banyak emas yang bisa Anda kumpulkan. Ketika menentukan ini, sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Setelah mengukur kemampuan Anda, tentukan secara lebih spesifik, berapa banyak emas yang harus Anda beli selanjutnya.

Sama halnya ketika menjalankan sebuah bisnis, tanpa adanya strategi khusus, kemungkinan Anda mendapatkan hasil yang optimal semakin kecil. Namanya mencari untung, Anda tentu membutuhkan trik khusus agar keuntungan yang didapatkan menjadi lebih optimal.

Tanpa strategi yang tepat, Anda mungkin hanya akan mendapat untung puluhan ribu saja. Namun, apabila ditambah dengan strategi, maka kemungkinan anda akan mendapatkan keuntungan adalah tiga bahkan empat kali lipat dari itu.

Harga

Sebelum mulai membeli pastinya Anda perlu tahu lebih dahulu berapa harganya. Sekadar saran, Anda sebaiknya membeli emas dari PT. Antam. Hal ini karena kualitas emas terjamin dan harganya pun bisa dipercaya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengunjungi laman situs perusahaan. Di laman tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai emas secara detail.

Keuntungan

Layaknya Anda berinvestasi dengan produk lain, investasi emas pun perlu Anda perhitungkan aspek untungnya. Meskipun begitu, investasi emas tidak sama dengan investasi saham atau reksa dana.

Emas memiliki kecenderungan naik dan sangat jarang turun. Berbeda ketika Anda berinvestasi saham, kemungkinan turun sangat besar. Selain itu, emas bisa langsung dijual apabila Anda membutuhkan uang tunai.

Pilih waktu yang tepat.

Tidak ada patokan kapan waktu yang pas untuk membeli emas. Namun, masih ada cara paling mudah menentukan kapan waktu yang pas untuk membeli emas, yaitu dengan memperhatikan dan mengikuti perkembangan nilai rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Bila anda perhatikan, saat nilai Rupiah dalam keadaan stabil, artinya kondisi ekonomi dalam keadaan level normal. Itulah saat yang tepat untuk membeli emas. Karena kondisi ini menunjukkan kalau emas berada pada harga murah.

Ketahui jenis investasi yang bisa Anda beli

Berinvestasi bisa dilakukan oleh siapa saja. Bukan hanya bagi yang bergaji tinggi saja. Selain itu emas juga merupakan investasi yang paling mudah dilakukan.

Bila tidak mau emas, Anda bisa menggunakan produk investasi lain. Tapi, kenali jenis investasi tersebut agar Anda tidak sampai salah beli. (Daurina Lestari/viva.co.id/cp)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Top