Anda berada di :
Rumah > Bisnis > Dimana akan Dibangun Pabrik Smelter? JIPE atau Petrokimia.

Dimana akan Dibangun Pabrik Smelter? JIPE atau Petrokimia.

eni maulani

GRESIK – Pembangunan pabrik Smelter di wilayah Gresik oleh PT. Freeport yang belazkangan ramai dibicarakan hingga kini masih belum jelas. Hal ini menjadi sorotan oleh Eni Maulani Politisi Golkar yang duduk di Komisi 7 DPR RI saat melakukan konsolidasi di kantor DDP Golkar Gresik, Sabtu (28/08/2016)
Eni mengatakan, kleberadaan pabrik pengolahan hasil tambang (smelter) di Gresik ini sudah harus dibangun. Pihak Petrokimia Gresik kabarnya telah menyetutui dan menyiapkan lahan seluas 80 ha untuk pembangunan pabrik smelter tersebut. Namun belakangan ada kabar jika PT. Freeport membatalkan kerjasama dengan pihak Petrokimia dengan alasannya Freeport belum mendapatkan kepastian untuk perpanjangan untuk tahun 2021.
“Saya mendapat info jika Freeport memutus kerjasama pembangunan smelter dilahan milik Petrokimia Gresik. Untuk itu kami dari Komisi 7 DPR RI akan melakukan kunjungan spesifik ke gresik terkait lahan yang akan digunakan untuk pembangunan smelter” kata Eni.

Freeport
Rencana awal PT Freeport akan membangun smelter tersebut di lahan milik Petrokimia Gresik, sementara lahan sudah disiapkan oleh Petrokimia. Namun tiba – tiba diputuskan sepihak oleh Freeport. Sementara ijin eksport konsentrat untuk Freeport Sudan diberikan oleh pemerintah. Seharusnya Pabrik smelter Sudah harus dibangun. Karena ini merupakan amanat Dari undang – undang minerba no. 4 tahun 2009. Tapi hingga saat ini belum ada kegiatan pembangunan Pabrik sama sekali.
Eni menambahkan bahwa komisi 7 DPR RI kemarin berencana memanggil menteri ESDM terkait pemberian ijin eksport tersebut. Namun belum sempat dipanggil sudah diganti. “diberikan ijin itu boleh asal pembangunan smelter tetap jalan . lah ini pembangunan belum dilakukan sudah diberikan ijin. Ada yang bilang bahwa pembangunan sudah 30% tapi kok malah MOU tidak diperpanjang” ujar eni.
Sementara untuk lokasi pembangunan smelter sendiri masih belum Jelas. Ada tarik ulur dalam penentuan lokasi tersebut antara di lahan milik Petrokimia Gresik atau lahan milik JIPE di lokasi pelabuhan international di Manyar. Diduga ada pihak – pihak tertentu yang menginginkan pt Freeport untuk membangun Pabrik smelter di JIPE.
Sementara pihak Petrokimia Gresik sudah menginvestasikan Dana triliyunan rupiah untuk menyiapkan lahan Yang akan digunakan untuk pembangunan Pabrik smelter di Gresik. “Bulan depan Komisi 7 akan Turun ke Gresik melihat lokasi yang di rencakan. Kami akan ke Petrokimia Gresik juga akan ke JIPE. Karena Pabrik smelter ini harus segera dibangun. Targetnya kan tahun 2018 sudah selesai” pungkas Eni Maulani (shol)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Top