Anda berada di :
Rumah > Bisnis > Dikunjungi Ratusan Diplomat, Bupati Gresik Bekali Dengan Pameran Potensi Gresik

Dikunjungi Ratusan Diplomat, Bupati Gresik Bekali Dengan Pameran Potensi Gresik

 

Gresik – Saat dikunjungi ratusan calon diplomat yang bakal ditugaskan ke luar negeri pada Kamis (30/3). Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto menyulap loby kantornya menjadi ruang pamer. Berbagai produk unggulan Gresik memenuhi gerai-gerai pameran yang sudah ditata apik. Selain produk pabrikasi, tampak beberapa produk UKM yang sudah dikemas dengan bagus turut juga dipamerkan.

Ada 114 calon diplomat yang tidak lama lagi akan diterbangkan ke 130 negara. Saat tiba di kantor Bupati Gresik mereka sempat berkeliling melihat pameran produk unggulan di beberapa gerai. Bak seorang guide, Sambari menjelaskan satu-persatu produk yang sedang dipamerkan. Ada produk batik, songkok, produk kue-kue kemasan dan makanan ringan lain, sepeda dan beberapa produk unggulan yang lain.

Saat rombongan menyaksikan maket Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE), Bupati yang saat itu didampingi Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim menjelaskan secara detail keberadaan Pelabuhan International yang disebut Bupati sebagai tempat berlabuhnya investor. “Semuanya ada di Gresik, silahkan dibawa dan dipromosikan saat anda di luar negeri nanti” ujar Sambari kepada mereka.

Memang, sebelum bertugas di luar negeri para calon diplomat mencari tempat yang pas sebagai bahan guna dibawa ke tempat tugasnya di luar negeri dan dipromosikan. Gresik dianggap daerah yang paling cocok. Sebagai kota industry dengan berbagai keragaman. Apalagi adanya JIIPE sangat cocok dijadikan bahan untuk dipromosikan.Seperti yang disampaikan Sudirman selaku ketua rombongan saat beramah tamah dengan Bupati Gresik yang saat beramah tamah.

“Dari awal kami sudah mengetahui bahwa Gresik adalah sebuah daerah yang sangat berpotensi untuk dipromosikan keluar negeri. Kami melihat bukan hanya promosi, tapi ini adalah fakta bahwa Gresik punya potensi produk yang sangat beragam dan bagus. Ada produk manufaktur, pertanian, perikanan” katanya.

Ditambahkan oleh Sudirman,“Disini banyak hal yang bisa saya bawa, mulai dari JIIPE seperti yang dipaparkan Bupati. Serta berbagai produk UKM yang saya lihat sudah memenuhi standard International. Saya melihat kualitas packaging design produk UKM disini sudah sangat bagus. Hal ini sesuai keinginan dari importir luar negeri”

 Masih menurut Sudirman yang mewakili rombongan, bahwa tugas calon diplomat ini keluar negeri bukan membawa misi Kementrian Luar negeri, tapi murni mempromosikan apa saja tentang Indonesia. “Kami akan mempromosikan apapun termasuk daerah yang menurut kami layak untuk dipromosikan” katanya. (shol)

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Top