Anda berada di :
Rumah > Bisnis > Aksi Mogok Buruh PT SMI, Blokade Pintu Masuk Pabrik

Aksi Mogok Buruh PT SMI, Blokade Pintu Masuk Pabrik

aksi mogok pt smi cilegon
aksi mogok buruh PT. SMI blokade pintu masuk pabrik

Cilegon – Aksi Mogok kerja dilakukan oleh buruh PT. Samudera Marine Indonesia (PT. SMI) yang terletak di Ds. Bojonegara Kec. Bojonegara Kab. Cilegon Banten. Mereka yang tergabung dalam PK SBSI PT SMI  menutup jalan masuk Utama ke lokasi PT SMI(7/5/2016). Massa yang berjumlah sekitar 500 orang datang dengan beberapa tuntutan.

Suaedi korlap aksi mengatakan bahwa dia bersama teman – temannya menuntut agar beberapa rekan kerja mereka yang sudah habis masa kontraknya untuk dipekerjakan kembali di perusahaan ini.

Tuntutan mereka atas aksi mogok kerja sebagai berikut :

– Belum dipekerjakan nya kembali karyawan PT.SMI yang habis kontrak sebanyak 14 Orang dan merupakan angguta PK SBSIPT.SMI yang telah di PHK sepihak tanpa melalui proses perundingan Biparti, sesuai batas surat keputusan gagalnya perundingan Biparti.

-Tidak adanya peraturan perusahaan untuk seluruh pekerja

-Upah dibawah UMK

-Tidak diberikannya surat perjanjian kepada seluruh pekerja, atau surat perjanjian kerja tidak di buat rangkap

-Penandatanganan kontrak kerja di bawah tekanan, apabila tidak ditandatangani akan di PHK sepihak dianggap mengundurkan diri tanpa kompensasi pesangon walaupun masa kerja sudah 5 tahun bahkan lebih, serta sudah menandatangani kontrak 10 kali bahkan lebih.

Selanjutnya  pukul 16.00Wib telah dilaksaakan pertemuan Triparti di Rumah Makan Simpang Raya  Kabupaten. Serang dan dimediasi oleh Nana kasi PHI Disnaker Kabupaten Serang antara Management PT. SMI yang diwakili oleh Ir. Rilendi, Tb. Sukono, Hartono serta kuasa hukum PT. SMI. Julianto dengan perwakilan Karyawan SMI  oleh Ketua Umum SBSI Mukhtar Pakpahan, Ketua Korwil SBSI Banten. Nurhamim SH. sekertaris korwil SBSI Banten Khimatul Wahid,  Ketua PUK SBSI PT. SMI Suaedi.

Perundingan itu dijaga ketat oleh anggota kepolisian dalam rangka pengamanan. Terlihat dilokasi Kasat intelkam Polres Cilegon AKP H. Awap, SH, Kapolsek Bojonegara AKP R. Moch Sofian dan KBO Intelkam Iptu Hadi Subeno. SH, M.Si.

Namun setelah beberpa lama mediasi tidak mendapatkan titik temu kesepakatan. Sehingga perlu adanya mediasi lagi lebih lanjut untuk mendapatkan kesepakatan bersama antara manajemen dan pekerja.

Aksi tersebut mendapatkan pengawalan dari Polres Cilegon di bawah pimpin Kapolsek Bojonegara AKP R. Moch Sofian dengan 200 Personil Polres Cilegon beserta Polsek Jajaran Polres Cilegon.(Fer/cahayapena)

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Top