Anda berada di :
Rumah > Bisnis > 6 Strategi Jitu Memasarkan Bisnis Rumahan

6 Strategi Jitu Memasarkan Bisnis Rumahan

marketing

Bisnis rumahan tergolong bisnis yang tidak terlalu sulit untuk dijalankan. Namun, yang tidak kalah penting yaitu bagaimana cara memasarkan bisnis rumahan Anda. Setelah kemaren saya menulis tentang 12 peluang bisnis rumahan modal kecil yang menguntungkan, sekarang akan saya terangkan bagaimana cara memasarkannya. Pemasaran itu sendiri sangat penting karena bertujuan menjual produk maupun jasa kita untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Berikut adalah 6 trik jitu memasarkan bisnis rumahan untuk membantu kesuksesan bisnis Anda :

 

  1. Cantumkan Alamat Pada Produk Anda

Cantumkan URL website Anda, alamat dan nomor telepon Anda pada semua produk dan barang cetakan yang keluar dari bisnis Anda seperti kotak kue, surat, amplop, label, faks dan faktur. Ini merupakan cara yang mudah untuk iklan bisnis Anda dan menjaga image Anda di mata customer secara terus-menerus.

 

  1. Dari Mulut ke Mulut

Salah satu strategi pemasaran yang paling ampuh untuk meyakinkan pelanggan adalah dari mulut ke mulut. Bisa Anda mulai dari tetangga Anda, kekuatan gaya marketing ini terletak pada cara persuasif yang Anda gunakan untuk meyakinkan pelanggan. Ketika Anda mampu memberikan yang terbaik pada pelanggan, maka satu pelanggan ini akan menyebarkan berita bagus tentang produk dan jasa Anda kepada orang lain disekitarnya. Selain hal tersebut, gaya pemasaran ini tidak membutuhkan budget yang besar. Karena sifatnya lisan, maka strategi marketing dari mulut ke mulut ini harus bisa mempengaruhi emosi dan pikiran pelanggan. Selanjutnya, strategi marketing dari mulut ke mulut ini harus dibuat mengakar di level batin terdalam pelanggan. Gaya marketing lisan dari mulut ke mulut akan menjadi sangat efektif bila Anda lakoni dengan kekuatan empati dan sikap baik Anda.

 

  1. Melalui Sosial Media

Di era globalisasi seperti sekarang ini, segala aktifitas menjadi sangat mudah dengan bantuan sosial media. Dari pertemuan dengan seseorang, hingga proses promosi atau pemasaran akan terasa mudah. Karena dengan sosial media, target pasar kita cukuplah luas. Siapa saja bisa tahu dan mengenal produk kita hanya melalui foto dan detail produk yang kita tuliskan di sosial media. Banyak sekali sosial media yang bisa digunakan, selain website, kini Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya juga bisa menjadi pilihan Anda memasarkan produk rumahan Anda.

 

  1. Brosur

Media ini termasuk sangat efektif dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk. Efektif disini tidak hanya berarti memerlukan ongkos produksi yang cukup ringan, tapi juga bisa meyakinkan konsumen untuk segera melakukan Action membeli. Media cetakan dalam bentuk brosur biasanya merupakan modal paling dasar/pokok yang digunakan oleh para salesman, agen penjualan, produsen dan toko untuk bisa menginformasikan kepada konsumen mengenai keunggulan utama dari sebuah produk . Di dalam brosur kita bisa menjelaskan dengan detail apa saja kelebihan suatu produk, keuntungan apa saja yang didapat konsumen bila membeli produk tersebut, bentuk fisik, warna, ukuran serta bagaimana cara mendapatkan produk tersebut. Fungsi dan sifat utama brosur adalah memperkenalkan produk atau merek dagang barang atau jasa yang Anda jual.

 

  1. Kartu Nama

Mereka menganggap bahwa membuat kartu nama sebuah perusahaan hanyalah sebagai sarana agar orang dapat menghubungi perusahaannya. Padahal kartu nama/business card ini dapat digunakan sebagai alat pemasaran atau sarana iklan usaha Anda. Dengan kartu nama bisnis, Anda bisa membuat seseorang yang menerimanya mengingat Anda, kemudian membuatnya termotivasi untuk mau berbisnis dengan Anda. Kartu nama bisnis juga bisa menyampaikan pesan tentang apa yang sekarang Anda kerjakan dengan jelas. Ringkasnya, kartu nama bisnis bisa mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk Anda.

 

  1. Ikuti Berbagai Bazar

Ketika Anda hanya duduk diam dan tidak beraksi apapun maka Bisnis rumahan Anda tidak akan berkembang. Salah satu contoh aksi yang bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan produk Anda adalah sering mengikuti sebuah acara pameran atau bazar. Disana Anda memiliki kesempatan untuk menunjukkan dan memamerkan produk hasil olahan rumah Anda. Entah itu berupa produk makanan atau produk kerajinan. Acara itu sendiri bukan hanya bisa membantu meningkatkan penjualan Anda, namun juga menjaring banyak relasi untuk diri Anda dan bisnsi Anda sendiri.

 

Semoga artikel 6 Strategi jitu memasarkan bisnis rumahan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba & sukses…!!!

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top