Anda berada di :
Rumah > Artikel Dan Opini > Teh atau Kopi?Yang Cocok Jadi Teman Belajar

Teh atau Kopi?Yang Cocok Jadi Teman Belajar

Jakarta – Harus belajar untuk ujian atau presentasi di kantor enaknya ditemani dengan makanan dan secangkir minuman hangat. Biasanya, teh dan kopi adalah minuman yang banyak dicari. Tapi, lebih mana ya di antara dua tersebut untuk jadi teman belajar?

Prof Dr Ir Nuri Andarwulan, MSi, dari South East Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center IPB menjelaskan dalam suatu acara seminar di IPB International Convention Center, Bogor, mengenai masalah tersebut dan menyebut bahwa teh merupakan pilihan yang dirasa lebih cocok.

“Utamanya theanine itu buat lebih rileks, bahan penyegar, beda ketika kita minum kopi yang banyak kafein. Yang memberikan efek relaksasi ya teh. Minum kopi segar, tapi mekanismenya berbeda,” jelas wanita yang mengambil gelar doktornya juga di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kandungan theanine dalam teh membuat Anda lebih fokus, selain itu dari segi learning ability (kemampuan belajar) juga mengalami peningkatan. Dibandingkan dengan kafein dari kopi yang akan menghilangkan kantuk dan tingkat kewaspadaan meningkat, namun tidak disertai dengan efek relaksasi.

Selain untuk jadi teman belajar, theanine dari secangkir teh juga dapat membantu menurunkan berat badan karena menghambat akumulasi lemak. Terlebih, sejumlah penelitian juga mengungkap adanya manfaat minum teh yang dapat meningkatkan performa sistem kekebalan.

Meskipun begitu, kopi juga punya keunggulan seperti yang dikatakan sebuah studi yakni dapat menurunkan risiko penyakit alzheimer. Belum lagi, kopi juga punya kandungan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh.

Kalau kamu, lebih suka belajar sambil minum teh atau kopi?

 

 

Sumber berita : /health.detik.com

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top