Anda berada di :
Rumah > Artikel Dan Opini > 5 Alasan Pagi Hari adalah Waktu Paling Tepat untuk Olahraga

5 Alasan Pagi Hari adalah Waktu Paling Tepat untuk Olahraga

JakartaPagi hari disebut-sebut sebagai waktu terbaik untuk melakukan olahraga. Hal ini dikarenakan sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dengan menerapkannya.

Dikutip dari Huffington Post, Selasa (19/12/2017), berikut ini adalah manfaat yang bisa kamu rasakan dengan melakukan olahraga di pagi hari. Hmm, tidak ada alasan untuk malas bangun pagi dan bergerak deh!

  1. Menghilangkan kalap saat makan

Studi dari Brigham Young University menemukan adanya korelasi antara nafsu makan dan kebiasaan olahraga di pagi hari dengan memantau 18 orang dengan berat badan normal dan 17 wanita obesitas klinis dselama dua hari penuh.

Pada hari pertama, mereka diminta untuk berolahraga selama 45 menit yaitu berjalan cepat di atas treadmill, dan kemudian melihat 240 foto yang mana 120 di antaranya adalah makanan. Para peneliti kemudian melacak tingkat asupan makanan dan aktivitas para wanita tersebut seharian.

Pada hari kedua, para wanita diperlihatkan gambar tanpa diminta untuk berolahraga. Hasilnya ternyata sangat unik, karena baik wanita gemuk maupun wanita dengan berat badan yang sehat memiliki respons otak yang lebih rendah terhadap gambar makanan dan bergerak lebih aktif karena mengikuti olahraga di pagi hari.

  1. Lebih banyak waktu

Ketika membiasakan diri untuk melakukan hal-hal bermanfaat di pagi hari, tidak ada alasan untuk menunda hal tersebut ketika hari beranjak malam.

Ajakan kencan atau urusan penting lainnya seperti ulang tahun sahabat yang direncanakan di sore hari pun bisa Anda lakukan tanpa harus meninggalkan rasa bimbang.

  1. Awal baik untuk membentuk kebiasaan

“Jika Anda berolahraga sebelum hari Anda mengalihkan perhatian Anda (di pagi hari), kesempatan Anda untuk berolahraga secara teratur dapat berjalan dengan baik,” ujar Cedric Bryant, Ph.D., kepala petugas sains dari American Council on Exercise.

  1. Meningkatkan energi

Saat berolahraga, usaha untuk mengantarkan oksigen ke otak dan menyalurkan nutrisi ke otot, organ dan jaringan lainnya menjadi lebih mudah. Itu berarti, seluruh sistem kardiovaskular Anda akan bekerja lebih efisien dan berujung pada meningkatnya energi yang Anda miliki.

  1. Memampu meningkatkan daya ingat

Olahraga memiliki manfaat pada otak dalam jangka pendek dan jangka panjang. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat jangka pendek dari berolahraga mencakup salah satunya fungsi ingatan yang lebih baik.

Dengan begitu, jika Anda ingin terbiasa memiliki kualitas daya ingat yang lebih baik, biasakan diri untuk melakukan olahraga di pagi hari. Yuk coba mulai hari ini!

 

 

sumber :health.detik.com

Bagikan Ini, Supaya Mereka Juga Tau !

Tinggalkan Komentar

Top